More

    DKPP Kota Blitar Ambil Sampel Air Kolam Ikan, Mayoritas Punya Kadar pH Tinggi Akibat Jarang Dikuras

    DKPP Kota Blitar mengambil sejumlah sampel air di kolam ikan puluhan Pokdakan, hasilnya mayoritas kadar atau pH air tinggi karena kolam jarang dikuras.

    Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Blitar – Dewi Masitoh mengatakan, memasuki musim hujan DKPP Kota Blitar melakukan pengecekan kadar (pH) air dan suhu kolam ikan di tempat 38 kelompok pembudidaya ikan atau Pokdakan di 12 kelurahan yang ada di kota Blitar.

    Pengecekan ini ditargetkan selesai pertengahan Oktober mendatang.

    Dewi menjelaskan, hasil sementara beberapa sampel air kolam ikan, mayoritas menunjukkan bahwa kadar atau pH air terlalu tinggi.

    Penyebab kadar air tinggi dikarenakan air kolam yang jarang dikuras sehingga menyebabkan adanya penumpukan endapan kotoran yang mengakibatkan kadar air tinggi. Sehingga hal itu berpotensi munculnya berbagai jamur dan penyakit yang kemudian bisa menyerang ikan.

    Dewi menyebut, alasan sejumlah Pokdakan tidak menguras air karena beberapa waktu lalu sempat dilanda musim kemarau panjang sehingga sejumlah Pokdakan melakukan penghematan air.

    Dewi menambahkan, dalam kegiatan ini DKPP juga memberikan probiotik dan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh ikan agar tidak cepat mati.

    Reporter : Dinda
    #radioblitar #radiomayangkara

    spot_img

    Latest articles

    Related articles

    spot_img